Minggu, 10 April 2011

Tafsir Ibnu Katsir





Kitab Tafsir Ibnu Katsir terkenal sebagai kitab tafsir yang dikelompokkan ke dalam tafsir bil masur (tafsir ayat-ayat Al-Quran dengan hadis-hadis Nabi SAW) sehingga terhimpun di dalamnya faedah yang sangat banyak karena di dalam kandungarinya termuat dua pokok sumber hukum Islam, yaitu Alquranul Karim dan Sunnah Rasul-Nya.

Tafsir Ibnu Katsir merupakan salah satu kitab tafsir yang paling banyak diterima dan tersebar di tengah ummat ini. Imam Ibnu Katsir telah menghabiskan waktu yang sangat lama untuk menyusunnya, tidak mengherankan jika penafsiran beliau sangat kaya dengan riwayat, baik hadits maupun atsar, bahkan hampir seluruh hadits periwayatan dari Imam Ahmad bin Hanbal -rahimahullah- dalam kitab Al Musnad tercantum dalam kitab tafsir ini.

Metode penyusunan yang dilakukan oleh Imam Ibnu Katsir adalah dengan cara menyebutkan ayat terlebih dahulu, kemudian menjelaskan makna secara umum, selanjutnya menafsirkannya dengan ayat, hadits, perkataan Sahabat dan tabi’in. Terkadang beliau menjelaskan seputar hukum yang berkiatan dengan ayat, dengan dukungan dalil lain dari Al Quran dan hadits serta dilengkapi dengan pendapat para Ahli Fiqh disertai dalilnya apabila masalah tersebut dikhilafkan diantara mereka, selanjutnya beliau merajihkan (memilih dan menguatkan) salah satu pendapat tersebut.

Pada kenyataannya tidaklah seperti apa yang dituduhkan oleh para penulis sekarang yang meringkasnya, di antaranya ada yang beralasan tafsir ini banyak hadis daif dan israiliyatnya. Padahal kalau kita kaji lebih mendalam, menjadi jelaslah duduk perkaranya. Dalam penyajiannya Al-lmam Ibnu Katsir tidak sembarangani mengeluarkan hadis-hadis yang daif, melainkan hanya yang tidak ada kaitannya dengan hukum. Dan apabila berkaitan dengan kisah umat-umat terdahulu, yang dikenal dengan istilah israiliyat. Adapun kalau. sehubungan dengan ayat-ayat hukum, maka baik hadis maupun sunnah yang diketengahkannya berpredikat sahih dan paling tidak hasan. Secara garis besar Tafsir Ibnu Katsir merupakan tafsir yang menggabungkan antara ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis, sehingga sangat diperlukan oleh setiap kaum muslim yang ingin mempelajari tafsir dalam skala yang lebih mendalam.